umroh
umroh

Pengertian Umroh & Rangkaian di Dalamnya

Pengertian-umroh

Pengertian Umroh

Pengertian Umroh didefinisikan sebagai sebuah kunjungan ke Ka’bah untuk melakukan sebuah rangkaian ibadah yang syarat dan ketentuannya sudah ditetapkan oleh syariat Islam. Semua tata cara umroh haruslah dilakukan sesuai apa yang sudah dicontohkan oleh Nabi besar kita Muhammad SAW dan siapapun tidak boleh merubahnya.

Umroh Adalah Haji Kecil

Ibadah umroh sering disebut haji kecil karena mempunyai beberapa kesamaan dalam tata cara pelaksanaan ibadah haji namun rangkaian tata cara umroh tidak lebih banyak jika dibandingkan dengan ibadah haji. Hukum Ibadah umroh adalah sunah sedangkan Ibadah haji merupakan ritual yang wajib dilakukan sekali seumur hidup untuk kaum muslim yang sudah mampu secara fisik, material dan keilmuwan. Jika tidak dapat menjalankan ibadah haji, maka ibadah umroh pun bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk meningkatkan nilai keimanan dank ke taqwaan kepada-Nya.

Waktu Pelaksanaan Ibadah Umroh

Waktu pelaksanaan ibadah umroh flexible, maka ibadah tersebut bisa dilakukan kapan pun yang terpenting umat muslim mampu menjalankan ibadah sunah tersebut. Beberapa hari atau tanggal yang diharamkan untuk melakukan ibadah umroh ialah ketika hari Arafah tiba atau pada tanggal 100 Dzulhijah, serta pada tanggal tanggal tasyrik di tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijah. Ada beberapa pendapat dan hadist yang mengatakan bahwa keutamaan melaksanakan ibadah umroh bisa setara dengan ibadah haji jika umroh dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Hadis tersebut diriwayatkan oleh Muslim dan sudah dishahihkan.

Rangkaian Ibadah Umroh

Ibadah umroh diawali dengan mandi besar atau biasa disebut dengan janabah sebelum memakai ihram. Laki laki dan perempuan memiliki pakaian ihram yang berbeda beda. Untuk laki laki digunakan 2 kain yang dijadikan sebagai sarung dan selendang. Untuk perempuan, digunakan pakaian apa saja yang terpenting menutup aurat tanpa ada hiasan dan tidak menggunakan cadar juga sarung tangan.

Setelah mamakai pakaian ihram para jamaah umroh disunahkan melakukan sholat ihram 2 rakaat sebelum melafalkan niat umroh, dan setalah itu jamaah kemudian melanjutkan perjalan menuju Masjidil Haram menuju Ka’bah untuk tawaf. Sepanjang jalan menuju masjidil haram disunahkan membaca talbiyah
“labbaikallahumma labbaik labbaika laa syarika laka labbaik, innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika laka”.
Thawaf dilakukan sebanyak 7 kali. Untuk 3 putaran pertama, jamaah harus berjalan cepat sedangkan sisanya bisa berjalan biasa. Thawaf diawali dekat hajar aswad dan diakhiri di sana pula.

Selesai tawaf, selanjutnya ialah melaksanakan shalat dua rakaat di maqam Nabi Ibrahim atau bisa juga di bagian lain masji dengan membaca surat al kafirun di rakaat pertama, dan surat al ikhlas di rakaat selanjutnya.

Setelah melakukan thawaf dan sholat sunah dua rakaat rangkaian ibadah umrah berikutnya ialah melakukan sa’i. Sa’i yang dilaksanakan 7 kali dalam perhitungan satu kali berangkat dan kembalinya juga dalam hitungan satu kali lagi. Sa’i dilakukan diantara bukit Shofa dan bukit Marwah.

Jika sa’i sudah dilakukan maka selanjutnya adalah mencukur sebahagiaan rambut kepala. Bagi laki laki dianjurkan untuk mencukup rambut kepala sedangkan wanita memotong sebatas ujung jari saja. Dengan demikian rangkaian ibadah umroh pun sudah selesai.

Demikianlah Pengertian Umroh dan rangkaian di dalamnya semoga bisa menanbah sedikit pengetahuan sehingga kekhusyuan ibadah serta tata tertib ibadah bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam ajaran agama Islam.
Back To Top
Sentuh Untuk Tlp / Mengirim Whatsapp
0812 8252 6454 0812 8252 6454